Monday, May 5, 2014

Nikon Df


Sebuah kamera DSLR full frame dengan bentuk dan tombol kontrol retro yang terinspirasi oleh kamera film legendaris Nikon FM2, dilengkapi sensor full frame setara D4 serta kompatibel dengan Nikon F mount namun memiliki bobot separuh dari berat Nikon D4 serta bentuk yang ringkas, hmmm selamat datang Nikon DF.

Nikon DF, adalah kependekan dari Nikon Digital Fusion. Dinamai seperti itu karena kamera ini lahir dari penggabungan teknologi lama dengan teknologi baru. Teknologi lama yang dipinjam adalah bentuk, serta tata letak kontrol kamera. Sementara teknologi baru yang dicomot adalah sensor, sistem pemrosesan gambar, panel LCD dan firmware.

Kenapa Nikon DF ?

Kenapa Nikon DF perlu lahir? kenapa dijaman digital bentuknya harus kembali ke masa lampau? Hmm, saya bukan pegawai Nikon. Tapi kalau boleh menganalisis kurang lebih begini:

Kamera mirrorless dan sistem kamera lain yang enteng dan ringkas akan makin diminati pasar yang sedang mencari kamera bagus namun tidak terlalu besar dan berat. Pelan tapi pasti kamera jenis tersebut mulai membanjir dipasaran. Fuji tampak bangkit kembali karena mengusung kamera retro seri X. Micro four third yang mungil tampak makin kokoh. Sony tampak inovatif dengan merilis kamera mirrorless full frame pertama belum lama ini.

Nikon DF dipercaya merupakan usaha Nikon untuk merebut pasar kamera dengan ukuran ringkas namun memiliki kualitas gambar dan teknologi jempolan.. Canggih dengan sensor full frame yang dipinjam dari D4, bisa menerima semua lensa F yang melimpah serta memiliki bentuk dan tata letak kontrol klasik retro. Itu semua dibalut dalam body yang tidak terlalu berat dan dalam ukuran yang lebih simpel.



Spesifikasi Nikon DF

Berikut ini beberapa spesifikasi kunci Nikon DF:

Solid, body terbuat dari konstruksi magnesium-alloy dengan weather sealing
Sensor CMOS full frame dengan resolusi 16.2 megapiksel (same as the one in Nikon D4)
ISO sensitivity 100–12,800 (boost kebawah sampai ISO 50 and keatas sampai ISO 204,800)
Shutter speed dari 30 detik sampai 1/4000 detik, flash sync-speed 1/200s
Sistem AF 39 titik (sama seperti Nikon D610), 9 sensor cross-type
2016-pixel RGB image sensor, full non-AI-S lens metering
Prosesor gambar EXPEED 3
Layar LCD 3.2 inchi dengan resolusi 921,000 dot
Viewfinder optik pentaprisma dengan 100% coverage dan perbesaran 0.7 kali
Slot kartu SD
Burst mode sampai dengan 5.5 frame per detik
Ukuran143.5 x 110 x 66.5mm
Berat 760 g dengan baterai dan kartu memory

0 comments:

Post a Comment